Wednesday, April 8, 2009

Market Day




"Market Day" adalah acara bulanan yang paling ditunggu-tungu oleh siswa-siswi Smartschool. Dalam acara yang menyenangkan ini, siswa-siswi menggelar aneka ragam snacks dan pernak-pernik untuk dijual antar teman. Untuk mengikuti acara ini, beberapa hari sebelumnya para guru kelas mendata siapa saja yang berminat untuk berjualan serta barang apa yang akan dijual. Tentu ada persyaratannya, antara lain harga jual dan jumlah uang yang boleh dibawa oleh siswa tidak boleh melebihi batas yang telah ditentukan oleh guru dan kepala sekolah. Jenis barang jualan juga harus sesuai dengan kebutuhan dan usia sekolah. Misal, snacks yang sehat (tidak mengandung MSG), alat tulis, mainan,dsb)

Asyiknya, dalam acara ini para siswa/i bisa saling berdialog menceritakan tentang barang dagangannya, sebelum terjadi transaksi. Bagi siswa/i kelas satu dan dua, acara ini sekaligus dapat menjadi ajang belajar matematika yang dipandu oleh guru-guru kelasnya.

Demi kelancaran acara, maka tiap bulan dilakukan penggiliran kelas mana saja yang akan berjualan. Kelas-kelas lain yang tidak mendapat giliran, boleh menjadi pembelinya. Kegiatan hari pasar ini adalah salah satu bentuk pembelajaran karakter yang diterapkan di Smartschool dalam mengasah jiwa entrepreneurship siswa/i. Bukankah junjungan kita nabi besar Muhammad Saw dulu juga seorang pedagang yang ulung dan jujur ?

2 comments:

  1. please come to my site: http://imammujahid.multiply.com ada cerita juga tentang fun cooking dan market day.

    ReplyDelete
  2. http://imammujahid.multiply.com/journal/item/2/Fun_Cooking_di_sekolahku_Smart_school_Al_Haamidiyah_

    ReplyDelete